PERBEDAAN MAKNA AR-RAHMAN DAN AR-RAHIM DITINJAU DARI
PERSPEKTIF MORFOLOGIS, SINTAKSIS DAN SEMANTIK
OLEH : LUKMANUL HAKIM, S.Pd.I.
PONPES
SINDANGSARI AL-JAWAMI CILEUNYI
1.
Pendahuluan
Al-qur’an memiliki gaya bahasa dan nilai-nilai makna serta balaghah
yang sangat tinggi. Tidak ada satu syair atau apapun itu yang dapat mengalahkan
keindahan makna-makna Al-Qur’an. Ini membuktikan kekuasaan Allah SWT. Diantara keagungan Allah adalah Asmaul
Husna. Diantara lapadz-lapadz Asmaul Husna adalah Lapadz Ar-Rohman
dan Ar-Rohim. Kedua lapadz ini juga termaktub dalam Basmalah dan Awal
Surat Al-fatihah.
Asy-Syaikh
Muhammad Khalil Al-Harras mengatakan, “Keduanya adalah nama yang mulia dari
nama-nama Allah Kedua nama ini
menunjukkan bahwa Allah memiliki sifat rahmat, kasih sayang, yang merupakan
sifat hakiki bagi Allah dan sesuai dengan kebesaran-Nya.” Kedua nama Allah ini disebutkan dalam banyak ayat dan hadits
Nabi nya, diantaranya:
بسم الله الرّحمنِ الرّحيمِ
Artinya : dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha
Penyayang (Al-fatihah : 1)
Maksud dari ayat ini adalah, saya memulai membaca al-Fatihah ini
dengan menyebut nama Allah. Setiap pekerjaan yang baik, hendaknya dimulai
dengan menyebut asma Allah, seperti makan, minum, menyembelih hewan dan
sebagainya. Allah ialah nama zat yang Maha Suci, yang berhak disembah dengan
sebenar-benarnya, yang tidak membutuhkan makhluk-Nya, tapi makhluk yang
membutuhkan-Nya. Ar Rahmaan (Maha Pemurah): salah satu nama Allah yang memberi
pengertian bahwa Allah melimpahkan karunia-Nya kepada makhluk-Nya, sedang Ar
Rahiim (Maha Penyayang) memberi pengertian bahwa Allah Senantiasa bersifat
rahmah yang menyebabkan Dia selalu melimpahkan rahmat-Nya kepada makhluk-Nya.
الرّحمنِ الرّحيمِ
Artinya : Maha Pemurah lagi Maha Penyayang (Al-fatihah:2).
2.
Kajian
Shorpiyyah (Morofologis)
Maknanya, menurut Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin, Seperti
Yang dikutip didalam Kitab “Shopwat At-Tapaasir“. Ar-Rahman artinya Yang
memiliki rahmat, kasih sayang yang luas, karena wazan (bentuk kata) fa’lan فعلانdalam
bahasa Arab menunjukkan Sighat
Mubalaghah yang
mengandung arti luas, banyak dan penuh. Semisal dengan
kata ‘Seorang lelaki ghadhbaan,’ artinya penuh Dengan kemarahan.
Sementara, Ar-Rahiim adalah nama Allah
yang memiliki makna kata kerja dari rahmat (yakni Yang merahmati, Yang
mengasihi), karena Wazan فعيلbermakna faa’il Artinya Pelaksana, sehingga kata tersebut
menunjukkan perbuatan (merahmati, mengasihi). Oleh karena itu, paduan antara
nama Ar-Rahman dan Ar-Rahim bermakna rahmat Allah itu luas dan kasih sayang-Nya akan sampai
kepada makhluk-Nya.”
3. Kajian Nahwiyyah
(Sintaksis)
Kalau kita perhatikan dan Analisis Salah satu contoh Kata Ar-rohman dan
Ar-rohiim dalam Lapadz Basmalah berikut :
بسم
الله الرّحمنِ الرّحيمِ
Dalam Lapadz الرّحمنِ diatas, ia Di jar kan karena Menjadi Na’at/sifat yang pertama dari lapadz Allah
sedangkan lapadz الرّحيمِ di jarkan karena menjadi
na’at yang kedua dari lapadz Allahi. Di dalam kitab Alfiyah Ibnu Aqil
di jelaskan, apabila na’at/Sifat lebih dari satu, seperti contoh diatas.
Dan man’ut /Yang disipati bisa jelas tanpa menyebutkan semua na’at tersebut, maka cara membaca na’at nya ada 3 cara:
1. Bisa Qot’i (Terputus
keduanya/Di baca Nashob Keduanya) Semua contoh
nya : بسم
الله الرّحمنَ الرّحيمَ
2. Bisa itba’ jami’ (Sesuai
dengan Man’ut/yang disipati-nya) Contoh nya :
بسم
الله الرّحمنِ الرّحيمِ
3. Itba’ Dan Qotho’(Yang pertama
Mengikut dan yang kedua terputus) Contoh nya :بسم
الله الرّحمنِ الرّحيمُ
Sebagaimana dalam Sya’ir :
و إن نعوت كثرت وقد تلت
* مفتقرا لذكرهنّ أتبعت
واقطع أواتبعْ إنْ يكن معيّنــــا * بدونها أوبعضها اقطع
معلنا
(إبن عاقيل : 128)
Menurut pisau analisis saya, Kedua sifat
ini Sangat erat kaitanya dan tidak bisa dipisahkan. Dalam Beberapa ayat dalam
Al-qur’an kita temukan kedua sifat ini terletak saling berdampingan Ar-Rohman
adalah Sifat belas kasih Allah SWT yang amat luas dan tidak tertandingi serta
diberikan kepada setiap makhluknya.
Sedangkan Sifat Ar-rohiim merupakan isim pa’il artinya sifat
kasih sayang Allah SWT. Yang langgeng
dan abadi Diberikan kepada hamba nya yang beriman dan bertaqwa.
4. Kajian Semantik
(Makna-Makna)
Dalam Kajian Semantik yang saya nukil dari kitab Samarkondi Lapadz رحمان Merupakan Musytaq
dari kata رحمة yang
mengandung arti :
رقّة القلب تقتضى الاحسان
Artinya : Keinginan Hati untuk melakukan kebaikan.
Maksudnya, Lapadz رحمان
Menjadi Musabbab/manifestasi
dari lapadz رحمة karena sifat penyayang itu timbul dari rasa
inginya hati melakukan suatu kebaikan. Kemudian Lapadz رحيم Mengandung arti mengasihi, mempunyai sifat
belas kasih, yang langgeng dan abadi. Karena الرحِم tanpa “ya’
pun mengadung arti Rahim Perempuan (Tempat Yang Kokoh dan Abadi) serta tempat
mengasihi dan mengasihani (Pemeiliharaan).
Tentang perbedaan antara nama
Allah Ar-Rahman dan Ar-Rahim.
Tentu ada sisi perbedaannya, karena setiap nama punya makna yang khusus.
Berikut ini penjelasan sebagian ulama tentang perbedaan diantara keduanya.
Al-Arzami mengatakan: “Ar-Rahman artinya Yang Maha Pengasih terhadap seluruh
makhluk, sedangkan Ar-Rahim artinya Yang Maha Pengasih terhadap kaum mukminin di akhirat saja.” (Tafsir Ibnu
Jarir Ath-Thabari, Tafsir Basmalah).
Syaikh Abdurrahman As-Sa’di Mengatakan bahwa keagungan dua nama
Allah tersebut. Ar-Rahman dan Ar-Rahim,
adalah dua nama yang menunjukkan bahwa Allah
memiliki kasih sayang yang luas dan agung. Kedua nama ini meliputi
segala sesuatu dan meliputi segala makhluk. Allah telah menetapkan kasih sayang yang sempurna
bagi orang-orang bertakwa yang mengikuti para nabi dan rasul-nya. Oleh karena
itu, mereka mendapatkan kasih sayang sempurna yang bersambung dengan
kebahagiaan yang abadi.
Orang yang memerhatikan nama
Allah Ar-Rahman, dan bahwa Allah Maha luas rahmat-Nya, memiliki kasih sayang
yang sempurna, dan kasih sayang-Nya telah memenuhi alam semesta baik yang atas
maupun yang bawah, serta mengenai seluruh makhluk-Nya, serta mencakup dunia dan
akhirat; juga mentadaburi ayat-ayat yang menunjukkan semacam makna ini:
ورحمني
وسعت كل شيئ
“Dan rahmat-Ku meliputi segala sesuatu.” (Al-A’raf: 156)
ان
الله بالناس لرءوف رحيم
“Sesungguhnya
Allah benar-benar Maha Pengasih lagi Maha
Penyayang kepada manusia.” (Al-Hajj: 65)
وان
تعدوا نعمة الله لا تحصوها ان الله لغفور رحيم
Artinya : dan jika kamu menghitung-hitung
nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah
benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
Dengan demikian, jelaslah bahwa
yang dimaksud dengan Ar Rahman
adalah yang rahmat-Nya tak terbatas dan meliputi segala sesuatu di
dunia, karena bentuk kata/wazan fa’lan itu menunjukkan keluasan, penuh dan
banyak. Sedangkan Ar-Rahim, yang rahmat-Nya khusus terhadap kaum muslimin
wal mu’miniin di Akhirat yakni Syurganya Allah SWT.
المراجع
v محمّد علي الصّابوني
2002 صفوة التفاسر. دار إحياء التراث العربي
v
جلال الدّين محمد بن أحمد
المحلى و جلال الدّين عبد الرّحمن السّيوطى .2008 تفسير الجلالين . الحرمين
v إبن مالك 2005 شرح ألفية
إبن عاقيل . دار العابدين سرابيا
v A.W. Munawwir. 1997. Kamus Al-Munawwir
Arab-Indonesia Terlengkap. Surabaya: Pustaka Progresif
v Hifni Bek Dayab dkk. 2002. Kaidah Tata
Bahasa Arab. Jakarta: Bumi Restu
v Ahmad Musthafa Al-maraghi. 1987. Terjemah
Tafsir Al-Maraghi. PT. Karya Toha Putra Semarang.
v Kitab
Samarkandi
sumber gambar : http://media.linkonlineworld.com/img/Large/2013/4/4/2013_4_4_16_38_8_697.jpg
Arrokhmaan = Sang RokhmaTOR = Pemberi Kasih Sayang (rokhmat); Arrohiim = Sang RokhamaWAN= Sangat dermawan dalam memberi kasih sayang (rokhmat).
ReplyDelete